• Sab. Sep 14th, 2024
Spread the love

POS MELAYU.COM, PELALAWAN – Dalam sambut kedatangan bulan suci ramadhan 1444 hijriah, yang diperkirakan jatuh di hari Kamis tanggal 23 Maret 2023, seperti biasanya, masyarakat kecamatan bandar Seikijang kabupaten Pelalawan khususnya desa Kiab jaya laksanakan berbagai acara dan kegiatan seperti “Potang Mogang Balimau Kasai / Mandi Balimau”. Hal ini merupakan kegiatan rutin dan sudah menjadi budaya lokal bagi masyarakat di Desa Kiab jaya kecamatan Bandar Seikijang dan merupakan ke Arifan Lokal, yang masih di jaga kelestariannya setiap tahunnya, terutama jelang memasuki bulan suci Ramdhan. Lokasi Acara potang mogang pada Kegiatan Balimau Kasai ini bertempat di dusun pesawoan Desa Kiab Jaya tapian ongku mudo soleh Kecamatan Bandar Sei Kijang”, dan kegiatan ini didukung oleh seluruh tokoh masyarakat dusun pesawoan desa Kiab Jaya kecamatan bandar Seikijang, pada Senin 20 Maret 2023.

Kegiatan acara potang mogang atau Balimau Kasai yang dilaksanakan di Desa Kiab Jaya ini dihadiri seluruh pemuka masyarakat seperti :
1.Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan Fraksi Golkar Ibu Yulmeida Zein, SPDi
2.Kades Kiab Jaya HERMAN
3.Bhabikamtibmas desa Kiab jaya dari Polsek bandar Seikijang
4.Babinsa
5.Staffdesa Kiab jaya
6.BPD Kiab jaya
7.Masyarakat Dusun pesawoan Desa Kiab jaya
8.Tamu undangan dari Perusahaan sekitar Desa Kiab jaya.
9.Seluruh Undangan lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemuka masyarakat Desa Kiab Jaya kecamatan bandar Seikijang yang dengan ketua Panitia Pelaksanaan kegiatan Potang mogang Balimau Kasai yaitu “Muhamad Arief SKom” .

Ketua Panitia pelaksanaan kegiatan Potang Mogang Balimau Kasai, Muhamad Arief SKom mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat bantuan dan kerjasama dari semua pihak, terutama masyarakat dan perusahaan – perusahaan yang berada sekitar Desa Kiab Jaya kecamatan bandar Seikijang.

Kepala Desa Kiab Jaya Bandar Seikijang Herman dalam sambutan nya mengatakan, untuk menyambut bulan suci ramadhan ini, mewakili Seluruh perangkat desa Kiab jaya menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya, seandainya ada kesalahan dan kesilapan kami selama ini, semoga dalam melaksanakan puasa ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, nantinya kita mendapatkan berkah dari Allah SWT.

“Kita senantiasa melestarikan potang mogang Balimau Kasai ini yang merupakan kearifan lokal yang sudah merupakan budaya di daerah kita dalam menyambut masuknya Bulan suci Ramadhan seperti tahun’ini,” ucapnya.

Disela-sela acara kegiatan Potang mogang Balimau Kasai, BAGINDA, SH merupakan Humas PT. SAR pada kesempatan ini selaku perwakilan PT Sinar Agro Raya (PT SAR), mengatakan bahwa PT. SAR sangat mendukung ke Arifan Lokal ini yang merupakan ciri khas daerahnya dan kita akan tetap jaga kelestariannya.

“Kita sangat mendukung setiap kegiatan kearifan lokal, apalagi menyambut hari-jari besar seperti ini, yang dilaksanakan setiap tahunnya, oleh masyarakat sekitar Kecamatan Bandar Seikijang,” ucap Baginda. (64n).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *